Daftar Dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster/Search Console

Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan google untuk para blogger, webmaster berguna untuk meningkatkan keterlihatan situs dihalaman google/pencarian google dan untuk menampilkan laporan statistik index.

Sebagai seorang blogger sangat penting mendaftarkan situs ke google webmaster, sebagai fungsi agar blog muncul di pencarian google.
Google merupakan mesin pencarian utama di internet, untuk menampilkan situs anda di google, anda perlu perlu submit url dan sitemap di halaman webmaster.

Manfaat Dan Fungsi Google Search Console Untuk Blog

1. Kinerja Situs
Disini kita bisa melihat kinerja situs kita, mulai dari tayangan, total klik dari visitor google, ctr rata-rata, dan posisi rata-rata situs yang ditampilkan google.
Melihat jenis kata kunci mana yang paling tinggi mempengaruhi banyaknya pengunjung blog kita, disini juga akan terlihat halaman postingan mana yang paling sering diklik oleh pengunjung blog kita.

Anda juga bisa mengatur jika ingin melihat jenis penelusuran mana yang sering muncul, ada penelusuran web, gambar dan video, melihat negara mana saja yang sering mengunjungi blog kalian, 

2. Inspeksi URL
Berguna untuk memeriksa situs maupun postingan apakah sudah terindex google atau belum, sebagai contoh saya akan memeriksa salah satu postingan saya.

Disitu keluar notice "URL tidak ada di Google" itu artinya postingan saya belum terindex google, kalian bisa klik Minta Pengindeksan jika artikel kalian belum terindex.
Jika situs anda sudah terindex disitu akan ada laporan "URL Ada si Google" disitu juga terdapat laporan tanggal perayapan dan terakhir di crawl.

3. Liputan Situs
Disini anda bisa melihat kesalahan/error pada halaman anda, melihat berapa url yang valid crawl, url yang valid  tapi dengan peringatan. Disini juga terdapat tayangan perhalaman situs.

Semua statistik liputan situs berasal dari hasil Crawl melalui sitemap blog anda yang tersubmit di Google Search Console.

4. Peta Situs

Setiap anda membuat postingan baru anda harus resubmit sitemap blog anda di sini, ini berguna agar google meng-Crawl ulang situs anda.
Setiap google meng-crawl situs anda, artikel baru akan dikirimkan ke daftar index google.

Terkadang ketika anda resubmit sitemap anda akan terlihat status pending, itu biasanya terjadi karena anda sudah lama tidak men-submit/memperbarui stiemap anda secara berkala, tapi ketika setiap anda membuat artikel, anda juga memperbarui sitemap, status submitnya biasanya langsung sukses.

5. Kebergunaan Seluler
Ini berguna untuk melihat url yang valid dan halaman yang error pada tampilan mobile, anda juga bisa melihat laporan tayangan situs mobile disini.

Cara Daftarkan Blog ke Google Webmaster

  • Pertama silahkan masuk ke Google Search Console
  • Login dengan akun email yang tersambung dengan blog kalian, setelah itu akan muncul halaman yang disuruh untuk memasukan URL situs kalian.

  • Kalian isi saja URL blog kalian, lalu klik lanjutkan kalian akan diarahkan kehalaman verifikasi blog, silahkan lanjutkan langkahnya di bawah.

Verifikasi Blog Di Google Webmaster



  •  Copy kode diatas setelah itu buka tab baru dibrowser agan, masuk ke halaman dasbor > Template > Edit Html.
  • Cari kode <head> ( gunakan CTRL+F ) Agar lebih mudah mencari kode tersebut, jika sudah ketemu kodenya silahkan tempelkan kode yang sudah disalin tadi tepat Dibawah Kode <head>.
  • Klik simpan
  • Masuk kehalaman google webmaster tadi Klik berifikasi site, jika sukses maka kalian akan langsung diarahkan ke halaman dasbor google search console.
Jika kalian masih kesulitan atau ada pertanyaan silahkan kalian komentar di bawah, atau bisa tanyakan langsung ke saya lewat Form Contact yang ada di navigasi blog.

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Game PPSSPP Full Update Terbaru

Aplikasi VHitz Vpn Axis Hitz Terbaru 2017

2 Apn Hitz Sakti Buat Gretongan Biar Stabil FastKonek